Rabu, 29 Februari 2012

desaku oh desaku

 Ngelanjutin postingan kemaren gw mau cerita tentang desa tempat gw dilahirin .
 Namanya desa Ciporos (di google map keliatan ga yah, tolong cari ya), tepatnya di kecamatan Karangpucung, Kab. Cilacap.
  Kenapa gw posting ttg desa gw , karna menurut gw ada yg menarik dari desa gw yg gw rasa perlu diceritain ke kalian semua.
 Desa gw adl desa bilingual (maksudnya lo bisa  baca terjemahan dari bahasa daerah gw saat orang daerah gw ngomong). Ya ngga lah, maksudnya tu di desa gw ada 2 bahasa nasional yg diakui & dipake tiap harinya , yaitu bahasa sunda (kasar) & jawa (kasar juga). Gak smua orang sunda bisa pake jawa, tapi orang jawa , ya sama aja sih , gak semua bisa bahasa sunda.
  Kata orang sih di tempat gw beda RT aja udah beda bahasa.Pemisahnya sih menurut gw tu jembatan Cirajayu, barat jembatan tu sunda semua & sebaliknya, timur jembatan jawa semua. Tapi yg lebih dominan sih bahasa sundanya. Gw sì ngikut aja yg dominan. Kalau misalnya yg dominan tu jawanya, tetep aja sih gw pake bahasa sundanya karna ibu gw cuma bisa ngajarin gw bahasa sunda.  Kalau misalnya gw bisa milih , tetep aja sih gw milih bahasa sunda , karena menurut gw bahasa sunda tu enak didenger. Tapi ada satu hal yg masih misteri buat gw , bahasa sundanya haus apa ya?
 Gw bisa bahasa jawa juga karena sekolah di SMP yg muridnya mayoritas jawa. Pernah kepikir kalau gw lulus SMP gw bercita cita jadi penerjemah aja di desa gw ,dari jawa ke sunda , sunda ke bahasa jerman(jeruk manis:jeruk legi:jawa) sebuah peluang usaha yg menggiurkan(brilian, cerdas, tak pernah terpikirkan sebelumnya). Gw pun minta nasihat dari temen gw yg asli orang jepang (jejer sampang), dan hasilnya gw harus berguru ke Paris (Prapatan Ciamis) ibukota Jerman(lho). Tapi tidak ada yg mau mengajari gw bahasa jerman, karna semua orang di sana berbahasa sunda semua (cerdas bukan?). Akhirnya gw memupus semua impian indah mjd seorang penerjemah kampung & memilih melanjutkan sekolah di purwokerto.

 Sebenernya ga ada yg spesial dari desa gw , selain bahasanya yg billingual, ojek gendong , ma petaninya yg kerja di sawah. Desa gw layaknya desa lainnya punya banyak salah dan dosa. Desa gw ga punya cerita legenda yg bisa dibanggakan , selain cerita sangkuriang, konon sangkuriang pernah jualan pete di desa gw sambil nyebarin Bahasa sunda(hehe ga dink yg ini boong).Akhir kata gw ngucapin salam damai buat para pengunjung blog ini. Thanks udah mampir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar